Menulis Surat ke Huzur

Tutorial Lengkap Menulis Surat Ke Huzur (pdf)

Tutorial Lengkap Menulis Surat Ke Huzur (rar)

Tutorial Singkat Menulis Surat Ke Huzur

22 Template Contoh Surat

Tutorial Daftar Hellofax

Tutorial Mengirim Via Hellofax

Di atas adalah Link yang dapat di download untuk panduan menulis surat ke Huzur.

Latar belakang pentingnya untuk menulis surat ke Huzur 1 bulan sekali

Sesuai amanat yang telah disampaikan oleh wakil Huzur Tuan Mir Rafiq , yang berkunjung ke Indonesia pada bulan Agustus 2016, bahwa kita sebagai  Ahmadi dianjurkan untuk menulis surat ke Huzur 1 bulan sekali.

Begitu pentingnya amanat ini sehingga beliau menyampaikannya di awal ceramah beliau hampir di setiap masjid ataupun tempat yang beliau kunjungi.

Dengan menulis surat ke Huzur maka akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Disamping hubungan dengan Huzur yang akan semakin terjalin erat, juga semua yang menjadi harapan dan doa kitapun Insya Allah, Huzurpun membantu mendoakan kita.

Pesan lainnya dari Tuan Mir Rafiq yang perlu dipahami adalah, apabila kita menulis surat ke Huzur, dan karena beberapa hal kita belum mendapat balasan surat dari Huzur, janganlah itu menjadi tujuan kita. Karena walaupun kita belum mendapat balasan surat dari Huzur, insya Alloh kita sudah didoakan oleh Huzur.

Dalam satu acara (Syair Menyair), Tuan Mubarak Siddique menuturkan bahwa beliau berjumpa dengan seorang kawan yang telah melakukan mulaqat cukup lama dengan Huzur.

Pada saat mulaqat (di kantor Huzur), orang tersebut berniat untuk meletakkan satu bundel tumpukan surat dibawah untuk digunakan sebagai tempat duduk. Kawan saya menuturkan: Seketika saya menjulurkan tangan untuk mengangkat tumpukan surat yang ada dikantor Huzur untuk diletakkan dibawah, namun sejurus dengan itu, Huzur segera menjulurkan tangan lalu bersabda: Jangan letakkan tumpukan surat itu dibawah, tolong letakkan dipinggir dengan hati-hati.

Lalu Huzur bersabda: “Ini bukan sekedar surat, melainkan jantung hati saya”.

Kisah yang hampir sama saya dengar dari dokter pribadi Huzur setelah acara Mulaqat tahun 2013. Dikisahkan bahwa saat sedang terbaring karena baru sembuh dari sakit, sebagaimana biasa Huzur meletakkan meja kecil di samping beliau lalu membaca surat demi surat yang telah disiapkan di meja itu. Kemudian ada satu surat yang ingin beliau raih namun tangan Huzur tidak sampai.

Pada saat itu ada salah seorang yang kebetulan sedang berada di ruangan Huzur lalu membantu mengambilkannya, tetapi Huzur menolaknya karena staf tersebut mengambil dan menyerahkannya dengan satu tangan.

Huzur menyuruhnya untuk meletakkan kembali dan mengambilnya dengan dua tangan sampai diserahkan ke Huzur. Dokter pribadi Huzur mengatakan, bahwa Huzur sangat mencintai kalian semua hanya saja karena kalian jauh sehingga tidak bisa merasakannya.

Beliau mengatakan, “Sejauh mana kalian mendakwakan telah mencintai Huzur? Kecintaan Huzur kepada kalian beratus-ratus kali lipat di atas itu”.

Tanya jawab Huzur dengan seorang khudam:

Khudam: Huzur, apakah mungkin seorang ahmadi dapat terjalin hubungan dengan Khalifah tanpa mengirim surat kepada Huzur?

Huzur: Sama sekali tidak mungkin, bahkan yang tidak peduli dan tidak mau mengirim surat, saya rasa mereka juga tidak mendoakan saya. Oleh karena itu setiap ahmadi khususnya Waqf Zindegi harus rutin mengirim surat ke saya sekurang-kurangnya 1 atau 2 kali sebulan. Supaya saya tahu keadaan mereka dan dapat terjalin hubungan yang erat. Saya dulu juga rutin mengirim surat ke Hadhrat khalifatul Masih Atssani dan Atssalits baik itu masalah pribadi maupun tentang pekerjaan jemaat.

Langkah-langkah menulis surat ke Huzur

  1. Menentukan Topik

Untuk menulis surat ke Huzur, langkah pertama adalah menentukan terlebih dahulu maksud atau isi dari surat yang akan kita tulis. Kami sudah menyiapkan 22 template contoh surat dalam Bahasa Inggris dan juga sudah kami sediakan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia sebagai gambaran isi dari surat tersebut. Untuk surat yang akan kita kirimkan adalah yang versi Bahasa Inggrisnya bukan Bahasa Indonesianya. Silahkan di baca terlebih dahulu ke 22 template tersebut untuk menentukan topik dari surat yang akan kita buat.

Selain memohon doa untuk kepentingan pribadi, surat juga dapat ditulis dengan maksud sebagai berikut: urusan jemaat, mengabarkan berita baik ataupun buruk, meminta petunjuk untuk semua persoalan.

     2. Menyiapkan Surat

Setelah kita menentukan topik surat dan apabila ternyata sudah ada templatenya, maka langkah selanjutnya adalah mengisi atau mengubah tanggal, nama, usia, badan, asal cabang, dan terakhir di halaman paling bawah mengisi nama lengkap dan juga alamat lengkap. Didalam paragraf isi ada juga informasi lain yang harus dilengkapi seperti pada template surat mohon doa kesembuhan disitu harus diisi jenis sakit apa yang diderita. Untuk lebih jelasnya kita harus membaca dulu versi Bahasa Indonesianya supaya kita mengerti maksud surat tersebut dan informasi apa saja yang harus dilengkapi, karena setiap template surat sedikit berbeda dengan template yang lainnya.

Penting untuk menjadi catatan, diwajibkan agar surat yang akan di kirim melengkapi data-data sebagai berikut:

  1. Nama Lengkap
  2. Usia
  3. Badan
  4. Cabang
  5. Isi surat atau doa yang di mohonkan
  6. Alamat lengkap, harus terdiri dari jalan beserta nomor rumah, RT/ RW, Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Kode Pos, Provinsi, Negara. Sebagai contoh, alamat: Jalan Pahlawan No. 71, RT 08, RW 08, Bandung 40123, Jawa Barat, Indonesia.  Untuk alamat pos pengirim jangan menggunakan Bahasa Inggris karena surat balasan akan ditujukan sesuai dengan alamat yang kita tulis dan begitu sampai ke Indonesia maka akan membingungkan pegawai pos untuk mengantarkan surat ke alamat tujuan.

Apabila topik yang kita pilih belum ada templatenya maka yang perlu dirubah hanya bagian isinya saja, yang lainnya tidak usah dirubah lagi. Apabila isi dari salah satu template dirasakan masih kurang lengkap, maka tinggal di tambahkan saja hal-hal lainnya yang perlu disampaikan dalam surat tersebut. Apabila topik yang akan ditulis belum ada dan dirasakan perlu dibuatkan templatenya, silahkan kirim usulannya ke isyaatppma@gmail.com

       3. Mengrimkan Surat

Setelah surat kita buat, langkah selanjutnya adalah mengirimkan surat tersebut ke Huzur. Ada beberapa cara yang dapat dipilih tergantung dari fasilitas dan situasi kondisi yang kita miliki. Adapun media untuk mengirimkan surat terdiri atas:

                3.1 Mengirim surat ke London melalui PPMA via Pos

Surat yang telah dibuat dalam Bahasa Indonesia/Inggris dikirimkan ke PPMA Post Center yang selanjutnya akan menjadi tanggung jawab PPMA untuk mengirimkan surat tersebut ke London. Surat tersebut ditujukan kepada:  Qaid Isyaat PPMA yang beralamat di Jalan Pahlawan No. 71, Bandung, Jawa Barat, 40123.

              3.2 Mengirim surat ke London melalui PPMA via Fax

Surat yang telah dibuat dalam Bahasa Indonesia/Inggris dikirim melalui Fax ke PPMA Fax Center yang selanjutnya akan menjadi tanggung jawab PPMA untuk mengirimkan surat tersebut ke London. Surat tersebut di tujukan kepada:  Qaid Isyaat PPMA dengan No Fax (022) 250 2294.

             3.3 Mengirim surat ke London melalui PPMA via SMS atau WA

Surat yang telah dibuat dalam Bahasa Indonesia/Inggris dikirim melalui SMS/WA ke PPMA SMS/WA Center yang selanjutnya akan menjadi tanggung jawab PPMA untuk mengirimkan surat tersebut ke London. Surat tersebut di tujukan kepada:  Qaid Isyaat PPMA dengan no SMS/WA center 081 2200 1180. Contoh permintaan surat melalui SMS atau WA: Kepada Yth. Qaid Isyaat PPMA. Nama: Ismail, Umur 44, Anshar, Bandung Tengah – Jawa Barat, Alamat: Jalan Supratman No. 19, Bandung, Jawa Barat, 40123. Doa: mohon dianugerahi taaluq billah.

           3.4 Mengirim surat ke London melalui PPMA via Email

Surat yang telah dibuat dalam Bahasa Inggris dikirim melalui email ke PPMA Email Center yang selanjutnya akan menjadi tanggung jawab PPMA untuk mengirimkan surat tersebut ke London. Surat tersebut di tujukan kepada:  Qaid Isyaat PPMA dengan alamat email: isyaatppma@gmail.com

          3.5 Mengirim surat Langsung ke London via Hellofax

Surat yang telah dibuat dalam Bahasa Inggris dikirim langsung ke London melalui hellofax dengan memakai akun sendiri. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Daftar Akun Hellofax.  Link :   tutorial-daftar-hellofax
  2. Mengirimkan Surat Via Hellofax Setelah Mendaftarkan di hellofax  Link:   tutorial-mengirim-via-hellofax